Monday, August 18, 2008

Awal Ketertarikan Memasak....

Beberapa hari yang lalu selagi gue chat sama salah satu teman SMP gue, dia bilang "kok ngga pernah update blog lo"........jadi iseng gue buka lagi deh blog gue. Ternyata memang sudah lama juga gue ngga pernah menuliskan sesuatu disini ya.

Awal gue buat blog ini gue berpikir bisa jadi wadah buat gue untuk menulis segala apa yang gue alami, baik yang menyenangkan maupun yang kurang berkenan. Tapi setelah berjalan kok lebih seneng nulis kalau gue habis bereksperimen dengan resep-resep masakan atau kue baru. Tapi itupun jarang juga gue lakukan. Gue sebenarnya adalah orang yang senang berada di dapur, gue senang banget bisa nyoba-nyoba resep kue atau masakan baru. Gini-gini gue pernah punya usaha kue kering kecil-kecilan walau musiman (biasa toh hanya Lebaran dan Natal saja). Sempat juga menerima pesanan lasagna kalau ada yang perlu. Tapi itu dulu, sekarang boro-boro deh mikir mau jualan kue atau lasagna, tenaga rasanya sudah terkuras dari hari Senin sampai Jum'at dengan kegiatan sehari-hari yaitu mencari nafkah menjadi pegawai kantoran.

Gue mencoba mengingat pertama kalinya gue mulai menyukai hal-hal yang berhubungan dengan memasak. Yang jelas waktu gue kecil (dalam hal ini maksud gue sebelum gue menginjak kelas 2SD), gue selalu senang kalau nyokap gue membuat kue. Sewaktu gue kecil, nyokap sempat les membuat aneka roti dan kue sama "mang Mubin" dan sering praktek di saat beliau tidak bekerja. Yang gue inget kalau dia membuat kue atau dalam hal ini cake, dia selalu membuatkan khusus buat gue di cetakan kecil yang dibagian bawahnya ada bentuk kelincinya. Entah kenapa setiap dia membuat cake selalu yang ada bentuk kelincinya diperuntukkan buat gue, sampai-sampai kalau bukan yang bentuknya kelinci gue ngga mau makan.......aneh juga ya kelakuan kita saat kecil. Anyway, mungkin itulah saat gue mulai diperkenalkan dengan yang namanya pembuatan kue dan hal-hal yang berhubungan dengan dapur.

Saat gue menjalani masa sekolah SD di San Francisco, seperti yang telah gue utarakan dalam salah satu entry di blog ini, gue mendapatkan guru yang teramat istimewa yang memperkenalkan gue pada hal-hal baru yang tidak pernah gue tahu sebelumnya. Salah satu program yang sering dia adakan (jujur gue lupa berapa kali sebulan dia mengadakan acara ini) adalah memasak. Memasak dalam hal ini bukanlah memasak yang rumit atau heboh. Dia lebih mengajarkan kita pada hal-hal mudah, yang bahan-bahannya dapat kita temukan di rumah.

Gue ingat banget saat sekelas membuat "pizza" dan "rock candy". Pembuatan pizza itu sendiri tidak rumit tidak seperti pizza yang kita kenal saat ini. Bahannya hanyalah roti tawar, saos tomat dan keju. Ada juga yang kami isi dengan sosis. Amat mudah memang dan terus terang karena "exposure" terhadapa memasak di kelas ini yang membuat gue ingin mempraktekkannya di rumah. Hasilnya gue membuat pizza ini di rumah buat keluarga. Mungkin karena gue menunjukkan minat dalam hal memasak ini, gue inget banget nyokap membeli sebuah buku memasak buat anak-anak dari Betty Crocker. Sampai hari ini buku tersebut masih ada tersimpan dengan baik.

Resep-resep dalam buku tersebut amat sangat mudah dan gue amat tergelitik untuk mencobanya satu persatu. Untung nyokap mendukung, jadilah kalau weekend datang nyokap sering menugaskan gue untuk membuat resep dari buku masak tersebut untuk keluarga di rumah. Itulah awal gue benar-benar masuk dapur dan memasak. Mungkin saat itu gue kelas 3 atau 4 SD. Untungnya keluarga gue dalam hal ini bokap, kakak dan adik gue ngga protes, mereka dengan senang hati mencoba hasil karya gue.

Begitulah awal gue mulai masuk dapur dan tertarik dengan memasak. Sampai sekarang gue bukan ahli masak karena tidak menguasai tehnik-tehnik memasak yang ada, bagi gue yang penting jadi dan enak (hehehehehe). Kadang gue berpikir mungkin dulu gue sekolah perhotelan salah masuk jurusan, mestinya masuk Food Production dan bukan Hotel Management.....kali ya....

Saat gue lagi jenuh sama kerjaan kantor, gue suka terpikir apa gue mulai lagi ya usaha kue gue walau kecil-kecilan tapi lumayan menyenangkan......let's wait and see.

No comments: