Thursday, March 06, 2008

Keisengan di hari Sabtu…


Hari Sabtu dan Minggu adalah hari yang paling gue nanti-nanti setelah 5 hari sibuk dengan rutinitas kantor. Walau biasanya pada hari liburpun diisi dengan rutinitas kesibukan di rumah tapi gue senang banget karena bisa bangun agak siang dan ngga harus tergesa-gesa mau apa-apa. I can slow down my beat than on Monday through Friday.

Untuk mengisi hari Sabtu lalu, gue iseng nyoba bikin “Vanilla Cupcake”. Iseng aja pengen ngetest resepnya enak atau ngga. Lumayan hari ini gue dapat bantuan dari asisten kecil yang ada di rumah. Asisten kecil ini kebetulan adalah anak pembantu gue. Umurnya sekarang 6 tahun dan gue suka kasihan karena kalau ibunya lagi kerja dia suka ngga ada kegiatan. Alhasil gue karyakan untuk membantu mengaduk-aduk adonan, yach kalau dipikir ngasih kegiatan yang positif buat dia juga.

Ternyata resep yang gue coba mudah buatnya. Untuk adonannya kira-kira makan waktu sekitar 15 menit, tentu ini diluar waktu untuk menyiapkan bahan-bahannya.

Resepnya gue dapat di salah satu buku resep tua nyokap gue. Kalau ada yang mau nyoba ini resepnya ya:

Vanilla Cupcake

Bahan-bahan A:
3 cup Tepung terigu Segitiga Biru
1½ sdt Baking powder (diayak)
¾ sdt Garam

Bahan-bahan B:
1½ cup Butter atau margarin tawar (lebih enak sih butter)
1½ cup Gula pasir (kalau ngga suka manis dikurangin aja ¼ cup)
4 butir Telur ayam besar (kalau telurnya kecil gunakan 5 butir)
1½ sdt Vanili pasta atau esens
1¼ cup Susu cair

Cara pembuatannya:
1. Panaskan oven dengan suhu 180° Celsius.
2. Siapkan loyang muffin yang berkapasitas 12 muffin. Letakkan wadahan kertas yang dapat dibakar di dalamnya (maaf ngga keinget tuh nama persisnya apa).
3. Bahan-bahan A dicampur jadi satu secara merata.
4. Butter/mentega dan gula diaduk dengan mixer pada kecepatan sedang, sampai berubah warna agak pucat (sekitar 3 menit).
5. Tambahkan telur satu per satu hingga tercampur rata.
6. Masukkan vanili.
7. Kemudian masukkan terigu sedikit demi sedikit diselingi dengan susu cair (terigu lalu susu lalu terigu dst sampai habis).
8. Aduk dengan mixer sampai adonan rata.
9. Masukkan adonan secukupnya dalam loyang yang sudah dialas wadahan kertas dan masukkan dalam oven selama kurang lebih 17 menit. Ulangi kembali bila adonan masih bersisa.

Wuah enak deh rasanya…….

No comments: