Tuesday, January 13, 2009

Tik tik tik bunyi hujan.....

Setiap musim hujan tiba, gue akan selalu diliputi rasa senang karena udara di Jakarta menjadi sedikit lebih sejuk dan udara yang kita hirup pun juga menjadi agak lebih bersih dari biasanya. Selain itu gue juga akan diliputi rasa gelisah karena kalau hujannya deras sekali akan berarti terjadinya kemacetan di jalan.

Musim hujan juga akan membangkitkan ingatan gue akan sebuah peristiwa yang gue alami bersama teman dan supirnya di suatu malam di bulan February 2002.

Hari itu dimulai sangat biasa aja seperti hari lain di musim hujan. Jalanan becek, langit kelabu yang seringkali mempengaruhi "mood" kerja. Sampai di kantor pun, temperatur amat sangat dingin dan gue harus memerangi rasa malas yang sering melanda diri gue karena musim hujan enaknya bangun siang dan tidur lagi di bawah selimut...hehehehehehe.

Anyway hari itu berlalu dengan amat sangat biasa. Menjelang sore gue dapat telpon dari supir gue dan dia ngga mungkin jemput gue hari itu karena ngga bisa nembus daerah Tanah Kusir yang memang sudah mulai banjir. Itu normal buat gue dan gue ngga takut karena masih ada temen gue yang bisa gue tebengi pulang. Tinggal di Bintaro membuat gue sudah terbiasa kalau ada berita banjir disana sini menuju rumah. Gue akhirnya janjian nebeng temen yang kebetulan tinggal dekat rumah juga.

Gue inget banget gue dan temen gue Renny masih asyik ngobrol di lobi kantor sambil menunggu supirnya. Gue juga inget banget bahwa kita keluar dari gedung perkantoran sekitar jam 6 malam. Wow alangkah terkejutnya melihat jalanan di depan kantor lengang. Gue sama Renny terheran-heran dan keburu senang wuah bisa sampai cepat nih di rumah. Sampai daerah Santa dan Mabes Polri masih termasuk lancar walau sudah mulai terlihat padat.....tapi kita masih bisa ngobrol dan tertawa-tawa di dalam mobil.

Sesampainya di arteri Kebayoran Lama dan Pondok Indah mulai padat dan macet. Yah nasib deh mau bilang apa, kita masih berpikir bahwa ngga apa-apa deh macet disini toh jarak tempuh ke rumah sudah ngga terlalu jauh lagi........OH NO were we wrong.

Di tengah kemacetan yang bisa dibilang "stuck" dan ngga bisa jalan kemana-mana lagi, supir temen gue bilang bahwa bensinnya sudah tinggal dikit dan harus isi. Waduh bingung tuh mesti apa karena mobil udah ngga bisa dibelokkin kemana-mana dan jalanan benar-benar udah "stuck". Demi pengiritan pemakaian bahan bakar akhirnya AC mobilpun dimatiin. Ya kalau dipikir-pikir karena hujan udara di luar khan seharusnya lumayan sejuk. Yang ada karena macet dan jalanan padat bukan udara sejuk dan segar yang kita dapatkan malah polusi dan rasa panas. Gue salah kostum lagi hari itu karena pakai baju yang tidak menyerap keringat dan jok mobil temen gue bukan yang dari kain. Terbayang dong keadaan gue seperti apa.

Kondisi macetpun berusaha gue nikmati aja deh soalnya mau apa.....mau marah-marah sama siapa. Malam itu pun banyak sms yang gue terima dari teman-teman yang kebetulan juga terjebak macet....pada saling mencari info deh.

Setelah sekian lama mobil jalan tersendat-sendat, akhirnya nyampai juga di perempatan Kostrad dan kita memilih belok ke kanan untuk mengisi bensi di Pondok Pinang. Jalanan tetap macet luar biasa dan sesampainya di pom bensin yang kita tuju sudah hampir mendekati jam 11 malam....yes everyone 11 o'clock at night. Kita dalam antrian di luar pom, dan begitu mobil yang kita tumpangi hampir mencapai pom tersebut, petugas langsung membentangkan rantai dan bilang bensin sudah habis. Aduh apes bener deh....kita semua muter otak mesti apa nih sekarang....mau nekat nembus Deplu Bintaro denger di radio ngga bisa ditembus sama mobil sedan, mau balik ke Tanah Kusir juga ngga mungkin. Jalanan malam itu masih stuck habis. Akhirnya kita memutuskan parkir aja deh dulu di depan pom bensin sambil menunggu jalan agak lengang sedikit........mana laper lagi. Akhirnya kita lanjutin ngobrol aja di mobil sambil terkantuk-kantuk dan kasih update ke rumah masing-masing mengenai keberadaan kita. Tapi tetap aja hal itu tidak bisa membuat kita melupakan rasa lapar yang semakin terasa. Eh taunya ada warung masih buka dekat pom bensin itu. Sebenarnya dari tadi sudah ngeliat sih tapi masih ragu-ragu karena dipinggir jalan hujan begini takutlah kita mau makan disana. Taunya rasa lapar mengalahkan ketakutan tersebut. Tahunya jualan Satai Padang. Ya udah kita pesan aja, untung masih kebagian. You know what???? Satainya enak loh.....jadi semakin hilang kekhawatiran kita dan semakin lahap makannya.....heheheheehehehe. Disini gue udah mulai merasa gelisah karena mau pipis tapi gimana ya...pom sudah tutup jadi ya terpaksa ditahan deh.

Selesai makan, kita lihat jalanan udah mulai sedikit lancar ya udah kita putuskan untuk isi bensin ke arah Bungur di Kebayoran Lama. Segeralah meluncur kesana......agak girang karena sudah mulai lengang dan perut udah pada kenyang :-) . Cepat juga sih sampai di pom tersebut dan langsung isi full tank deh biar tenang. Mulailah kita jalan lagi dan mau ngga mau terpaksa kembali ke jalan arteri Kebayoran Lama - Pondok Indah lagi karena ngga ada pilihan lagi.

Wuah ternyata di jalanan tersebut masih macet dan kita mesti mulai lagi antri dari ujung untuk menuju ke arah Pondok Indah....mau bilang apa ya karena memang keadaan malam itu di jalanan Jakarta memang "chaotic". Sepanjang jalan ini pun gue masih sms sama beberapa teman gue dan akhirnya ada salah satu teman yang berada di jalanan yang sama tapi sudah jauh di depan kita. Dialah yang memberi laporan pandangan mata mengenai kondisi jalan yang kita tempuh. Akhirnya kita memutuskan untuk melewati PIM dan lurus ke arah Lebak Bulus walaupun macet. It was our only hope karena Tanah Kusir, Haji Muhi dan juga Deplu Bintaro masih belum bisa dilalui oleh kendaraan sedan. Entah berapa lama kita mengantri sampai akhirnya sampai di Lebak Bulus. Benar-benar penuh perjuangan perjalanan malam itu.

Semakin malam kegelisahan gue semakin bertambah karena bener-bener susah nahan rasa mau pipis tapi ngga ada pilihan......yang terpikirkan kapan penderitaan ini akan berakhir......kapan gue bisa sampai rumah......need to use the bathroom real bad.

Anyway, akhirnya kita putuskan menuju arah Gintung dan masuk dari arah sana. Selama di perjalanan yang lama itu sempat juga kita ngebahas betapa enaknya nih supir gue malam itu, udah di alam mimpi kali sedangkan kita sengsara habis di jalan.....

Gintung ke Rempoa untung lancar dan tujuan yang dinantipun semakin dekat dan tahunya sudah jam 4 pagi saat gue dan teman gue memasuki Bintaro Jaya.

What a night it was and something that I will probably never forget and will always be reminded when it is the rainy season.

No comments: